PELAKSANAAN PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM JUAL BELI MOBIL BEKAS DI SHOWROOM SYAHRAN MOTOR KABUPATEN PADANG LAWAS SUMATERA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.30652/hmzmrc08Keywords:
Perlindungan Konsumen, Perjanjian, Jual BeliAbstract
Penelitian ini mengkaji tentang pelaksanaan perlindungan konsumen dalam jual beli mobil bekas di Showroom Syahran Motor Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara yang berfokus tentang pemenuhan hak-hak konsumen berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK). Penelitian ini menggunakan Hukum Sosiologis, data diperoleh melalui hasil wawancara dan hasil observasi. Pelaku usaha belum sepenuhnya memenuhi ketentuan UUPK, terbukti dari hak-hak konsumen yang diabaikan, seperti informasi yang tidak jelas terkait kondisi mobil, serta adanya kerugian yang dialami konsumen akibat kondisi mobil yang cacat. Kemudian, adanya klausula eksonerasi dalam perjanjian jual beli yang menimbulkan ketidakseimbangan posisi hukum antara konsumen dan pelaku usaha. Beberapa konsumen juga tidak mendapatkan ganti rugi atas kerusakan mobil, karena terikat perjanjian sepihak yang melanggar prinsip perlindungan konsumen. Dalam penelitian ini pentingnya pengetahuan hukum baik konsumen maupun pelaku usaha agar lebih memahami hak dan kewajibannya, dan seharusnya konsumen perlu melakukan upaya lanjutan untuk memperjuangkan haknya melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen.
References
Indrianingsih, L., Saputri, E. N., & Ratnasari, R. Perlindungan Konsumen terhadap Perbedaan Harga pada Rak Barang dengan Struk Kasir di Ria Swalayan Mojosari. Dih: Jurnal Ilmu Hukum.
Kansil, Cst. Kamus Istilah Hukum, Jakarta: Gramedia Pustaka, 2009.
Kristiyanti, Celina Tri Siwi. Hukum Perlindungan Konsumen, Jakarta: Sinar Grafika, 2008.
Nasution, Az. Hukum Perlindungan Konsumen Suatu Pengantar Cetakan ke 3, Jakarta: Diedit Media, 2009.
Nasution, Az. Konsumen dan Hukum, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1995.
Permana, A. H., & Hermawan, A. “Perlindungan Konsumen Dalam Perspektif Hukum Islam Dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999” Jurnal Justice Aswaja. 2022.
Santri, S. H. “Penerapan Prinsip Indemnitas Pada Asuransi Kendaraan Bermotor”, UIR Law Review. Vol 3, No. 1, 2019.
Shidarta. Hukum Perlindungan Konsumen Di Indonesia, Jakarta: Grasindo, 2006.
Siahaan, N.H.T. Hukum Konsumen Perlindungan Konsumen dan Tanggung Jawab Produk, Jakarta: Panta Rei, 2005.
Susanti, Adi Nugroho. Proses Penyelesaian Sengketa Konsumen Ditinjau dari Hukum Acara Serta Kendala Implementasinya, Jakarta: Kencana, 2008.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Husni Ependi Djamaris, Rika Lestari, Rahmat Gm Manik (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 (CC BY-NC-SA 4.0) license allows others to share and adapt your work, but only for non-commercial purposes and under the condition that they credit you and license their new creations under the same terms.


